An Se-young Diisukan Keluar BKA

Bagikan

An Se-young menuai kontroversi setelah mengkritik BKA (Badminton Korea Association, PBSI Korea) sesaat setelah memenangkan medali emas Olimpiade 2024. Seperti yang kita ketahui, An menjadi juara pada cabang bulu tangkis kategori tunggal putri setelah mengalahkan pebulu tangkis asal Cina, He Bingjiao, di laga Babak Final dengan skor 21-13, 21-16.

An Se-young Diisukan Keluar BKA
An Se-young saat meraih medali emas di Olimpiade 2024.

 

Dipaksa Bermain saat Cedera

An mengatakan bahwa saat mengalami cedera di Asian Games 2022 kemarin, An sebenarnya sudah mengeluh bahwa lututnya yang mengalami cedera itu cukup parah dan butuh dioperasi. Namun tim BKA memaksa An untuk bermain dikarenakan dia merupakan andalan Korea Selatan di bulu tangkis saat ini. An mengatakan bahwa dia dipaksa mengikuti sedikitnya 20 kompetisi sesudah Asian Games dalam situasi lututnya yang cedera parah itu.

Selain itu, An juga mengkritik kebijakan latihan tim BKA. Menurutnya, metode latihan yang diberikan sudah tidak up-to-date dengan taktik-taktik pada zaman sekarang. Selain itu, An juga mengeluhkan jika tim BKA lebih memprioritaskan pemain-pemain yang bermain di kategori ganda.

An mengindikasikan dalam wawancaranya tersebut jika dia akan hengkang dari pelatnas BKA. “Aku sangat sangat kecewa dengan tim nasional ketika aku sedang cedera,” ujar An. “Aku tidak bisa melupakan saat-saat itu.” Jika seandainya An benar-benar hengkang, An akan sulit mewakili Korea Selatan untuk turnamen akbar seperti Olimpiade atau Kejuaraan Dunia. An menganggap hal tersebut akan sangat tidak adil.

Kim Hak-kyun, yang saat ini menjabat sebagai kepala pelatih timnas BKA, menolak memberikan jawaban pasti perihal An. Sementara Lee Kee-heung, Presiden tim Olimpiade Korea Selatan, telah menginstruksikan pelatih-pelatih timnas untuk memberikan kepadanya catatan mengenai penanganan mereka kepada An saat masa-masa cedera An.

An Se-young Diisukan Keluar BKA
An Se-young pada saat diwawancara oleh media-media Korea Selatan di Bandara Incheon.

 

Akan Diadakan Investigasi

Kementrian Olahraga Korea Selatan dikabarkan akan melakukan investigasi kepada BKA perihal An. Mereka akan “memisahkan fakta dari fiksi” dan “melihat hukuman yang pantas diberikan jika memang terbukti bersalah.” Jika terbukti bersalah, sangat mungkin pelatih-pelatih yang ada di BKA saat ini akan dipecat/diberhentikan dengan tidak hormat.

Lalu, bagaimana reaksi kalian? Apakah kalian berada di sisi An? Atau kalian berada di sisi BKA?

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.